Sebelum membahas lebih jauh tentang hakikat kecantikan wanita, sebenarnya apa sih arti cantik itu?
Sampai saat ini belum pernah ada batasan yang jelas tentang definisi cantik tersebut, karena hal itu sangat relatif. Setiap hal yang ada kaitannya dengan masalah selera manusia, tentu pengertiannya akan bermacam-macam. Seperti juga pengertian untuk kata sifat yang satu ini, tergantung dari sudut pandang seseorang dalam mendefinisikannya, mulai dari batasan tentang cantik secara sempit sampai dengan batasan cantik yang cakupannya lebih luas serta universal.
Adalah hak semua orang untuk mempunyai argumen masing-masing tentang definisi dari kata cantik itu. Namun demikian, perlu kiranya kita merenungkan secara mendalam hakikat dari pengertian cantik itu sendiri, agar tidak terjebak pada hal-hal yang tidak diinginkan dalam menyikapinya.
Jaman sekarang banyak orang beranggapan bahwa yang berhak disebut cantik itu hanya benda kongkrit yang indah atau wajah perempuan yang menarik. Dan yang seksi dari seorang wanita adalah hanya tubuh (fisiknya) saja, sehingga untuk mencapai keinginannya itu terkadang para wanita hanya berorientasi pada usaha-usaha ke arah perbaikan penampilan luarnya (fisiknya). Lalu didatangilah salon-salon kecantikan yang menawarkan pelayanan yang memuaskan, tak peduli berapapun budget yang harus ia keluarkan dari dompetnya. Kemudian dicarilah formula-formula kecantikan yang jitu, yang bisa membantunya memoles dan merekayasa, serta meremajakan kembali wajah dan tubuhnya tanpa memikirkan resiko dan efek negatif yang kelak harus ditanggungnya.Tentu hal ini pun merupakan hak mereka sebagai individu yang mempunyai hasrat dan keinginan sendiri-sendiri. Tapi jika kita mau berpikir jernih dan merenung, arti cantik itu sebenarnya tidak sesempit yang mereka kira. Cantik bukan hanya milik wujud yang kasat mata saja, tetapi cantik juga berhak diterapkan kepada setiap perilaku yang serba positif dan mengesankan atau kepribadian menarik seorang perempuan. Kecantikan yang terpancar dari kepribadian seseorang itu lazim disebut dengan istilah inner beauty.
Penulis berpendapat, kecantikan yang terpancar dari dalam jiwa inilah yang lebih menggoreskan kesan yang mendalam di setiap orang yang mengenal pemiliknya. Kecantikan yang terpancar dari dalam jiwa seseoranglah yang tak lekang oleh panas, tak lapuk oleh hujan.
Kesimpulannya, inner beauty adalah hasil dari proses pembentukan kepribadian manusia yang panjang, kontinu, dan komprehensif, dengan tidak mengabaikan kesehatan, kecantikan, dan keindahan fisik tentu saja. Tetapi hal itu juga bukan berarti inner beauty adalah sesuatu yang mustahil untuk diwujudkan. Hanya cara mewujudkannya (perlu sekali lagi ditandaskan) tidak semudah membeli sebuah produk kecantikan.
Berbagi tips kesehatan dan kecantikan oleh Aura Beauty 🙂

Simak Yuk!